welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Loyalitas

Rut 1:16

Di tengah gempuran kemunculan kiper-kiper muda, nama Gianluigi Buffon menjadi satu nama yang tidak tergantikan, baik di klubnya Juventus maupun di tim nasional Italia. Lebih dari satu dekade, namanya memberi garansi aman gawang tim-tim yang dibelanya. Bahkan tahun 2012, IFFHS, sebuah lembaga statistik dan penyusun peringkat sepakbola internasional, menobatkan Buffon sebagai kiper terbaik abad 21.
Loyalitas menjadi kelebihan dari penjaga gawang yang satu ini. Ketika tahun 2006 klubnya Juventus terkena kasus suap dan pengaturan skor pertandingan sehingga mendapat hukuman diturunkan satu level ke divisi yang di bawahnya, banyak pemain bintang memilih untuk keluar, namun Buffon tetap setia bertahan. Bahkan, ia tetap setia ketika timnya tertatih-tatih mengumpulkan kekuatan untuk kembali ke level mereka semula. Loyalitas Buffon berbuah manis ketika akhirnya Juventus kembali menjadi juara Italia pada tahun 2012. Di tengah era sepakbola modern yang mendewakan jumlah bayaran, sikap setia seperti ini sungguh langka ditemukan.
Dalam PL, ada tokoh bernama Rut. Ia adalah menantu dari Naomi. Ketika suami Rut meninggal, Naomi sebenarnya sudah ikhlas melepas Rut supaya ia mencari pasangan baru dan melanjutkan kehidupannya. Namun, Rut memilih tetap bersama ibu mertuanya. Bukan cuma itu, ia tetap menunjukkan kasih dan perbuatan baiknya kepada Naomi. Sikap mulia Rut ini akhirnya beroleh ganjaran yang sepadan. Kebaikan hatinya tersiar ke seluruh kota (Rut 2:11; 3:11). Hal ini menarik perhatian Boas, seorang kaya, yang akhirnya menjadi suaminya.
Berbicara tentang dunia kerja, ada banyak karyawan yang sering tidak sabar meniti karier dari bawah dan ingin segera beroleh posisi dan gaji tinggi dalam waktu singkat. Ada istilah "kutu loncat" untuk menyebut mereka yang doyan berpindah-pindah pekerjaan dalam waktu singkat. Tak ada kamus loyalitas dalam benak mereka, yang penting adalah besaran nominal pada surat kontrak. Orang-orang seperti ini sulit meraih impian mereka karena perusahaan baru tentu meragukan kesetiaan mereka untuk dapat bertahan dalam waktu yang lama.
Tuhan bukan tidak bisa menjawab doa kita dalam waktu singkat. Namun, Tuhan lebih memedulikan proses ketimbang hasil. Tetaplah setia mengerjakan hal-hal kecil sampai akhirnya Tuhan memercayakan kita hal-hal besar (Luk 16:10). Alih-alih berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain yang sangat menguras waktu dan tenaga, mengapa kita tidak mencoba untuk bertahan di satu tempat, lalu berjuang dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan impian?
Di saat skill tinggi sudah banyak dimiliki orang-orang saat ini, maka loyalitas akan menjadi faktor pembeda. Cepat atau lambat, penghargaan itu pasti akan datang. Kalaupun promosi tak kunjung diperoleh dari manusia, Bapa di Sorga yang akan mengangkat kita.

DOA
Bapa, Engkau memanggil kami untuk menjadi orang yang setia. Ajar kami untuk memelihara kepercayaan yang diberikan kepada kami.  Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here